My Fantastic Terasi

Bukan orang Indonesia tulen namanya kalo ga kenal TERASI. 
Luar Indonesia aja kenal kok ama terasi alias SHRIMP PASTE... 
(apalagi tetangga gw kenal banged deh ama terasi setelah jadi korban polusi udara terasi goreng :))) Ya Maap sengaja) So this time I will share Bagaimana Caranya Goreng Terasi Tanpa Bau. Fantastic Ones *.^


Susahnya tinggal di Luar Negeri, yang rumahnya modelnya berdekatan alias dempet, ato rumah susun juga dempet2 deh.. bau terasi tuh ga ada yang ngatasin klo digoreng secara vulgar... *jiahhh bahasanya* pkonya refottt krn rumah dsini model dapurnya tidak di desain untuk memasak makanan yang menyengat. Diciptakan untuk memasak makanan yang hambar klo menurut lidah indonesia. Goreng bawang bombay aj udah dibilang bauuu.. *haiyah* 

Kebayang kan pas goreng terasi yang cuma bbrp sendok.. baunya udah mantep banged.. 
Pemirsa pertama alias suami tercaem reaksinya. 
Uggghhhh ini bau bangke apa sih??
*adooh! masa terasi gw, enak begitu dibilang bangke* 
dengan raut mukanya dan bibir mencucut.. alis mengernyit keatas.. separo naek separo mengkerut.. hidung ditutup.. alhasil dy kabur.. (slh satu cara mengusir tamu sekaligus tuan rumahnya yaitu menggoreng terasi) ahahaha..

Eksperimen pertama sukses dibilang bangke.. bahkan setelah kerja keras di semprot2 dengan pengharum ruangan, kipas2 beserta buka2 jendela, pintu, smua dibukain.. tetep betah baunya ga ilang2... haiyah cape dikomplain...

So eksperimen kedua.. terasiku tidak mengeluarkan bau sama sekali.. HOW CAN IT BE??
So this is HOW TO BE..
  • Bungkus TERASI yang mentah dengan ALUMUNIUM FOIL.. Wrap it so tight, over and over again
  • Bungkus dan lapisi terasi berulang kali, sampai 4 - 5 lapis, I think its thick enough..
  • Masukkan kedalam oven.. gantinya di goreng, qta panggang dengan suhu 180 derajat.. wait for 15 minutes..(lama memanggang bs sesuai selera.. )
  • Setelah cukup terpanggang, keluarkan dan dinginkan *jangan dimasukkin kulkas ya* 
  • Simpan dan masukkan plastik tertutup tanpa membuka alumunium foil atau buka bungkusnya dan masukkan ke dalam toples tertutup.
Rasa terasi yang di goreng dan dipanggang sama enaknya :) Plus dijamin ga akan mengeluarkan bau sama sekali.. 99% And bebas dari komplain siapa pun, termasuk menghindari ancaman pelaporan dari tetangga ke polisi atas tuduhan pencemaran udara *trully that can be happen here. Im not Joking*
Finally cheersss.. Manggang Terasi.. syapa takut ?? *.^

2 comments :

  1. Tipsnya mantaaaap, Mbak... Sayang belom nemu terasi di sini.. Padahal dah pengen bikin sambel terasi.. :(

    ReplyDelete
  2. Coba cari shrimp paste cintaa di toko chinese.. bentuknya pasta gitu kaya petis.. emang rasany lebih grenggg pke terasi indo de.. but it helps, mengobati rasa rindu. Besok bang Ant smangad cari ya.. btw spanishnya shrimp paste apa ya (-.-)??

    ReplyDelete