Kue Lupis Eropa

lupis, kue, ketan, indonesia, resep, eropa, italy, london, praktis, jajanan
One morning I really craving for Kue Lupis.. tiba tiba pengen banget makan kue lupis buat sarapan. Sayangnya ga ada yang jual.. jadinya berangkat yuuk masak kue lupis. Browsing sana kemari... cari resep di mbah google.. akhirnya bikin deh, tapi karena untuk dimakan sendiri.. Si abang sayang ga begitu suka nyobain makanan baru :)) kecuali dipaksa. Lol. Jdinya ini resepnya dibuat sedikit.. kira kira jadi sekitar 2-3 lontong lupis (tergantung bentuk lontongnya yah). Kebetulan ak bikinnya ada yang bentuk segitiga jg. Kenapa namanya Kue Lupis Eropa soalnya Kue Lupisnya putih deh kaya bule, karena ngerebusnya ga pake daun pisang abis disini jarang nemu daun pisang, ada sih cm beli dulu di market dan mahal ah mending buat beli cabe gitu.

Ngerebusnya ak pake plastik tahan panas biasanya sih untuk di oven, tapi bisa jg untuk direbus. Plastiknya ak potong (krn lebar banget) lalu di jahit jelujur dibentuk sedemikian rupa sesuai selera (panjang atau segitiga). terus jangan lupa di tusuk-tusuk kesegala penjuru deh (yang lg kesel, pelan2 nusuknya yah.. ntar sobek lg !!). ;)) Resepnya monggo di tengok.

lupis, kue, ketan, indonesia, resep, eropa, italy, london, praktis, jajanan
Ingredients :
  • 250 gram beras ketan
  • 2-4 sdm tapioka (sebagai pengganti kapur sirih)
  • 75 gram gula merah
  • 25 gram gula pasir
  • 50 ml air
  • 50 gram kelapa parut 
  • 2 tetes pandan essence
  • 1/2 sdt garam
Preparations :
  • Rendam ketan di air selama 2-3 jam, tiriskan
  • Tambahkan tapioka dalam ketan, aduk rata.
  • Ambil daun pisang/plastik foil yang sudah dibentuk.. masukkan ketan kira kira 3/4 dari volume plastik.
  • Setelah siap ketan, isi panci dengan lupis yang terendam air. Rebus 1-2 jam. Tutup panci
  • Bila air berkurang, tambahkan air dan masak sampai matang. Tiriskan. Dinginkan
  • Panaskan sekitar 50 ml air, masukan gula merah + pandan essence + gula pasir
  • Sering aduk aduk rata sampai larut dan tidak ada gumpalan lagi. Sisihkan
  • Siapkan kelapa parut kering (coconut powder) kukus terlebih dahulu supaya lembut dan basah.
  • Tambahkan garam. Aduk rata
  • Buka rebusan lupis dari plastiknya, iris sesuai selera (biasanya iris lupis pake benang)
  • Lumuri lupis dengan parutan kelapa, tuang sirup gula diatas lupis secukupnya. Voilaa jadi deh
Buon appettito. Xoxo Henny


7 comments :

  1. Salam. Sist mau tanya,tapioka itu yang sagu atau yang apa nih? Hehe ngga ngerti aq,disini juga gak ada kapur sirih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam Sis, tapioka itu tepung kanji, hampir mirip dgn tepung sagu, tp memang berbeda, tapioka dr singkong, nah tepung sagu dr batang sagu. Cm klo ga ada tepung tapioka/kanji, bs kok diganti dgn tepung sagu. Sy pnh coba jg ga pake kapur sirih or tapioka, rasanya ga jauh beda ^^
      Selamat mencoba yah

      Delete
  2. Sist tepung kanjinya ikut direndam atau setelah ditiriskan dikasihnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stelah ditiriskan.. Taburi tepung kanjinya yah sambil di aduk rata ke dlm ketan.

      Delete
  3. Halo Henny, pertanyaan kali ini agak menyimpang dari kue lupis, tapi berkisarkan kapur sirih, Kalau bikin lontong buat lontong sayur, bias pakai tapioca flour/starch sebagai pengganti kapur sirih enggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helo..
      Slama ini ak klo bkin lontong ga pernah pakai tapioca sis. tetep enak kyanya.
      Next bs dcoba jg pke tapioca dkit, biar lengket jg kayanya yah. Perlu dicoba deh nih sis. Thanks udah mampir yaa

      Delete
  4. wahh,, kayaknya enak ini ya mbaa..
    aku belum pernah nyobain and nyicipin....

    ReplyDelete