Pages

PERMESSO DI SOGGIORNO ITALIA etc

Example PDS
Permesso Di Soggiorno
dsingkatnya PDS merupakan ijin tinggal/Permanent Resident bagi stranieri (warga negara asing luar italian/not Uni Eropa). ^udah ky ibu guru aj bhs gw^


Well setelah ribed bikin documents for married.. dr A to Z..
ibu ibu italiando yg udah nyampe di Itali, tinggal bikin PDS deh.. biar ga pake visa2 lg.. perpanjang mulu..
This PDS berlaku awal 5 tahun and next 5 year again and then boleh pilih jd citizen Italian or keep ur Indonesian
^teuteup cinta tanah air gw mah.. masa mo mkn bakso di indo hrus lapor ke imigrasi.. kan ga lucu om..^


What we must to do to get the PDS??


  • Pertama.. pastinya ke imigrasi stempat.. in Italian is Questura Immigrazione.. Polisi Imigrasi Setempat
Buka biasanya jam 8 pagi.. trus kita ambil nomor untuk pendaftaran/registration..
Perhatiin dah tuh dapet nomor undian kebrp.. makin siang dtg makin kriting nunggu..
(dulu gw brgkt jam 8.. soalnya deket, aslinya kesiangan bangun.. uda dpt nomor gocap aj.. tp krn loket yg buka en ptugasny byk jd cm ngantri 15 menit.. Alhamdulillah)
  • Siapkan dokumen yg dibutuhkan oleh petugas loket.. (ga pke bayar dong..kaga ada slm tempel jg)
  1. Kartu keluarga (State Famiglia).. pastiin nama kita tercantum di dlmnya, bukan nama tetangga ^.^
  2. KTP suami (Carta Identita).. cm buat dcatet datanya and nunjukkin doang beneran asli Italiano apa KW :))
  3. Surat Keterangan Menikah from Comune Residenze suami (State Matrimonio).. klo pendaftaran pernikahan kita di Indonesia beres smpe Deplu Dephum.. brrti dah smpe jg ke Itali.. tinggal terima state ini from Comune..
  4. Foto tanpa kacamata, jilbab, penutup kepala lainnya.. (sedih deh gw ktauan cantiknya - terpaksa buka jilbab untuk foto - this is so unfairrr !!! )
  • Ikutin proses registrasi PDS sesuai Questura setempat.. biasanya bervariasi
  • Trus qta dwawancara at Questura.. dtanyain doang sih buat data2.. 
  • Terima form tanda registrasi.. sekitar 1 - 2 bulan cek informasi pgambilan PDS mlalui SMS
  • Klo udah terima SMS balesan.. dksi tau ambilnya tgl brp dan jam brp..
Voilaaaaaaaaa.... Jadi deh.. for 5 years u enjoy Italia.. 
Finish PDS... 



CARTA IDENTITA... or KTP ITALIAN
Just go to Comune... 
well as wife u have an equal right same as ur husband... 
the Government will also treat you right.
Just need your PDS and Foto.. thats it!!! 
The police officer will go to ur home and check if ur life in italy is really good and affordable.. ini mhindari byknya stranieri yg ga terdaftar dan hidup tak layak di itali.
Once finish the controlling and everything ok.. the officer will ask u to come and get ur Carta Identita. Officially Italiando and part of Uni Europe ^.^


Jalan jalan ke Eropa ga pake visa, cm sodorin aj KTP atau PDS ^.^



Inside Tessera Sanitaria have also Codice Fiscale
CODICE FISCALE.. NPWP
U need go to Agenzia Entrata... semacam lembaga yg mgurusi dokumen2 italian for work, tax, dll
Bawa PDS (surat sakti).. then the officer will give u a print of ur Codice Fiscale..


TESSERA SANITARIA..  Insurance for ur health
If Ur Family have private doctor.. tinggal daftarin nama and codice fiscale..
dulu pgalaman gw cm daftarin ke dokter kluarga.. trus kartu yg bentuknya ky ATM ini dikirimin ke alamat masing2.. pling lama 2 minggu deh

Dokumen dokumen diatas yg menjamin hidup kita selama dinegeri abang..
Kita punya hak yg sama utk mendapatkan pengobatan gratis di Rumah Sakit.. insurance..
Mo kerja jg bs.. Sekolah apalagi.. dll dll... 

I hope this info helpfull for you.. Feel free to ask me ; )

No comments :

Post a Comment